review dan pengalaman menggunakan tas carrier consina nogales 60 L

Halo sobat ruang pendaki, kali ini saya akan mereview pengalaman saya menggunakan tas carrier andalan saya yakni Consina Nogales 60 L yang sudah menemani perjalanan kurang lebih 4 tahun terakhir. Berhubung seringnya saya melakukan perjalanan travelling terutama mendaki gunung ke beberapa tempat khususnya di Jawa Tengah, akhirnya saya memutuskan untuk membeli sebuah carrier. Sebelumnya saya memang seringkali menyewa carrier di persewaan di daerah tempat tinggal saya yakni di daerah Klaten, Jawa Tengah. Sebenarnya harga sewa di tempat saya tergolong murah, yakni 20 ribu selama 3 hari. Namun setelah dipikir-pikir, tentunya akan capek bolak-balik ke tempat sewa hanya untuk mengembalikan carrier. Setelah dirasa tabungan sudah cukup, saya memutuskan untuk membeli carrier sendiri. Sebelum membeli consina nogales, saya sebenernya menginginkan Consina Bigwall yang mempunyai keistimewaan pada bagian kompartemen atau tempat penyimpanan utama dapat dibuka seluruhnya sehingga kita tidak akan kesusahan dalam proses packing atau memindahkan barang.

consina nogales, abaikan modelnya 
Setelah berkeliling toko perlengkapan outdoor adventure di Yogyakarta, ternyata barang yang saya cari tidak ada. Stok consina bigwall di consinastore pun habis. Setelah bertanya di beberapa forum, termasuk forum OANC di kaskus. Akhirnya dengan segala pertimbangan saya meminang Consina nogales warna merah ukuran 60 L. Carrier yang saya dapatkan dengan harga 800an ribu ini termasuk dalam expert series. Alasan saya memilih produk dari consina, produk keluaran dari consina sudah teruji kualitasnya. Beberapa produk consina sangat terjangkau terutama di kalangan mahasiswa dan laris manis di pasaran.

 Alasan lain saya memilih consina nogales adalah :


Harganya yang terjangkau

Harganya terjangkau bagi saya seorang karyawan swasta yang sudah lama menginginkan mempunyai carrier sendiri. Memang ada beberapa carrier keluaran consina yang lebih murah, diantaranya yakni tarrebi, centurion dan alpinist. Namun dari beberapa carrier yang saya sebutkan saya mempunyai pengalaman yang kurang nyaman menggunakannya, terutama pada bagian punggung yang seringkali panas dan nyeri meskipun sudah saya setting sedemikian rupa.

Mempunyai ruang penyimpanan atau kompartemen yang luas

Ruang penyimpanan yang luas yakni 60 L dan masih bisa diberi tambahan hingga 5 L sangat membantu saya membawa barang yang harus dibawa saat mendaki gunung. Selain itu di dalam carrier sudah dibagi menjadi 2 kompartemen yakni dibagian depan dan belakang. Kompartemen pada bagian belakang biasa saya isi dengan pakaian dan slepping bag. Sedangkan pada bagian depan biasa saya isi dengan matras, logistic dan peralatan memasak. Dengan adanya pemisahan kompartemen tersebut sangat memudahkan saya mengambil barang, karena sudah dipilah-pilahkan menurut kategorinya.


Memiliki frame yang kuat


Tidak bisa dipungkiri, pengalaman menggunakan carrier dengan dilengkapi fasilitas frame lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan menggunakan carrier tanpa adanya frame yang membantu menyokong punggung kita. Kita tidak mudah terasa pegal terutama pada pinggang kita serta di dalam perjalanan akan lebih stabil karena barang yang kita bawa tersusun rapi dan tersimpan dengan baik di dalam carrier. 

Consina nogales mempunyai backystem yang nyaman

Backsystem adalah salah satu factor yang harus dipertimbangkan ketika akan membeli suatu produk. Pada consina nogales mempunyai backsystem yang unik, dimana pada bagian belakang carrier tepat pada bagian yang menempel pada punggung kita dilengkapi dengan jaring-jaring yang kuat. Dengan adanya jaring-jaring tersebut dapat memudahkan udara masuk diantara celah punggung kita dengan carrier, sehingga punggung kita tidak cepat terasa panas dan keringat yang dihasilkan mudah mengering. Hal ini bagi  saya pribadi sangat bermanfaat sekali, karena pada saat melakukan pendakian terutama pada siang hari, tubuh kita akan menghasilkan banyak keringat sehingga menyebabkan punggung cepat basah. 


Pada bagian pundak memiliki bantalan yang tebal

Salah satu penyebab nyeri pada bagian pundak adalah memakai carrier dengan bantalan yang tipis atau bantalan pundak yang sudah kempes. Consina nogales menawarkan bantalan yang empuk serta nyaman digunakan. Bantalan yang tebal dan cukup nyaman bagi saya untuk membawa carrier ini meskipun penuh dengan barang bawaan dan mempunyai beban yang berat.


Mempunyai 2 pintu akses utama  

Selain mempunyai beberapa kelebihan-kelebihan yang sudah saya sebutkan di atas, salah satu keunggulan consina nogales adalah, carrier ini memiliki 2 pintu utama, pintu bagian atas dan bawah. Pintu bagian bawah ditutup dengan resleting yang melingkar, biasanya saya gunakan untuk menyimpan  sleeping bag dan barang-barang lainnya yang membutuhkan waktu yang cepat untuk mengambilnya tanpa perlu membuka pintu utama atau pintu bagian atas terlebih dahulu.


Memiliki banyak kantong

Carrier yang memiliki banyak kantong tentunya sangat bermanfaat untuk memilah-milah penyimpanan barang ssesuai dengan kategori barang tersebut. Misalkan logistic tidak akan saya campur dengan peralatan tidur, begitu pula dengan pakaian dan peralatan memasak.   


Bonus raincover

Setiap pembelian consina nogales sudah termasuk raincover di dalamnya. Lumayanlah untuk melindungi tas dari air hujan atau debu yang menempel. Raincover ini dapat disimpan pada bagian bawah carrier, karena nogales mempunyai tempat penyimpanan raincover sendiri didalamnya. Dengan begitu, kita dapat menghemat uang karena tidak memerlukan biaya tambahan untuk membeli raincover. Saya cek di consinastore harga raincover dengan jenis yang sama berkisar antara 65-75 ribu rupiah

Bahan yang kuat dan ringan

Berhubung saya mempunyai adik yang kebetulan mempunyai hoby yang sama dengan saya, kemungkinan besar dia akan menjadi salah satu peminjam setia carrier saya. Dan ternyata benar saja, kegiatan extra di sekolahnya yakni pecinta alam menuntutnya membawa carrier. Tidak terhitung berapa kali pendakian, camping, susur pantai mengikut sertakan carrier saya, namun sudah terbukti, carrier ini mempunyai bahan yang kuat. Sampai sekarang saya tidak menemukan masalah yang berarti seperti robek, atau resleting yang rusak. Kerusakannya hanyalah pada bagian ujung resleting yang lepas, namun sudah saya perbaiki. 

Memiliki akses untuk tempat water bleadder

Nah fitur ini yang belum saya manfaatkan karena saya belum membeli barangnya. Saya belum pernah mencoba menggunakan water bleadder karena minum dengan botol yang diletakkan di luar saja menurut saya sudah cukup, namun tidak menutup kemungkinan bilamana saya mendaki gunung Rinjani ( masih mimpi )fitur yang satu ini sebaiknya saya pakai. 


Memiliki strap penyangga yang kuat


Pengalaman buruk yang pernah saya alami, yakni menggunakan tas carrier sewaan dengan kualitas strap penyangga yang buruk. Meskipun masih baru, tas yang saya sewa seringkali melorot pada bagian strap penyangganya, alhasil ketika rekan-rekan yang lain sibuk mendokumentasikan perjalanan, saya disibukkan dengan carrier saya yang sering melorot. Strap pada consina nogales menurut saya cukup kuat, dan bertahun-tahun saya memakainya, saya tidak mengalami masalah seperti carrier yang sering melorot, strap yang sering macet dan lain-lain. Cukup puas dengan produk buatan consina yang satu ini.


Kantong untuk membawa minuman di kanan dan kiri 

Fitur yang satu ini tidak kalah penting bagi saya, mengingat ketika dalam perjalanan akan membutuhkan banyak air minum, dengan adanya kantong air minum di bagian samping akan memudahkan saya ataupun rekan saya yang ingin mengambil air minum tanpa harus membuka tas carrier terlebih dahulu. Selain berfungsi untuk membawa air minum, kantong bagian samping ini juga sering saya pakai untuk membawa tabung gas hancook. Saya memilih menyimpannya di bagian luar dari carrier karena jika saya menyimpannya di bagian dalam, apabila ada kebocoran saya kesulitan untuk mengetahui serta kesulitan dalam mengevakuasinya.

Memiliki strap sternum yang kuat


Selain strap penyangga, strap pada bagian sternum atau pada bagian dada kita tidak kalah penting. Fungsi dari strap ini adalah mendistribusikan beban yang kita bawa, sehingga tidak semua beban jatuh pada bagian pinggang atau tulang belakang kita. Selain memiliki strap sternum yang kuat, consina nogales juga mendesain sedemikian rupa strap ini berbentuk peluit. Hal ini berfungsi bilamana kita mengalami kondisi yang memerlukan bantuan atau kondisi bahaya, kita dapat menggunakannya untuk memberi tanda kepada rekan-rekan pendaki lainnya.

Dibalik kelebihan yang ditawarkan, consina nogales juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan disini mungkin bersifat pribadi. Berikut kekurangannya :

Bagian punggung yang melengkung terlihat banyak space kosong.

bagian punggung yang melengkung

Memang dengan adanya jaring-jaring pada bagian punggung memungkinkan udara masuk ke celah antara punggung dan carrier, namun disisi lain. Dengan adanya jarring tersebut membuat kesan sedikit �wagu� terutama bila dilihat dari arah samping. 


Stok yang disediakan kebanyakan warna merah

Awalnya saya ingin membeli carrier dengan warna hitam kalau tidak ya warna biru. Namun sangat disayangkan, menurut salah satu sales di consina store memang nogales warna hitam sedikit sekali stoknya, dan bila menunggu stok dating lagi perlu waktu berbulan-bulan. Karena saat itu saya sangat membutuhkan carrier akhirnya saya membeli warna merah. 

Dibalik segala kekurangan dan kelebihan yang ditawarkan carrier ini, saya sangat puas terhadap kenyamanan dan keamanan yang diberikan. Tidak hanya saya pribadi, namun juga adek serta tetangga saya yang menjadi peminjam setia carier ini disetiap event outdoor. Selama pembelian baru 3 x saya cuci  menggunakan shampoo, biar awet dan tidak kotor sahabat bisa menggunakan raincover ketika memakainya. Saya sendiri memakai raincover meskipun tidak hujan dengan harapan carrier tidak mudah kotor. Jadi biarkanlah saja raincovernya yang kotor, tinggal mencopot dan mencucinya tanpa harus mencuci carrier karena carrier masih bersih berkat terlindungi raincover.
Bila anda ingin mengetahui review produk consina yang lain, yakni consina alpinist, anda dapat mampir di salah satu artikel yang ditulis secara epic di  blog milik agan ghozaliq.

Rawatlah gear anda supaya awet, karena peralatan tersebut berjasa membantu serta melindungi anda ketika berpetualang di alam bebas. Dan pastinya setiap alat yang anda pakai menjadi teman setia serta merupakan saksi bisu perjuangan anda, mengalahkan diri, mengalahkan keegoisan anda untuk dapat berdamai dengan keadaan.

Semoga artikel mengenai review dan pengalaman menggunakanntas carrier consina nogales 60 L ini bermanfaat

salam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "review dan pengalaman menggunakan tas carrier consina nogales 60 L"

Post a Comment