Peralatan Pendakian Gunung Lengkap Beserta Harganya

Hallo para pendaki setia , atau para pemula yang ingin belajar mendaki gunung juga nih. Berjumpa lagi dengan blog Peralatan Gunung yang akan setia membahas tentang peralatan yang wajib anda bawa ketika anda akan menjadi sebuah gunung.

Peralatan Gunung Lengkap Beserta Harganya

Ketika setiap pendakian gunung kita harus memperhatikan alat-alat pendakian gunung yang lengkap dan berguna tepat. Kita harus dapat menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada dan bawalah secukupnya. Berikut ini akan saya berikan ulasan singkat tentang peralatan pendakian gunung secara lengkap. Apa-apa saja yang perlu dibawa saat akan mendaki gunung sih ? Berapa sih harga alat nya ? Apa saja fungsinya ? Mari kita simak di bawah ini yuk.

Peralatan Pendakian Gunung Lengkap Beserta Harganya

INFO : ketika mempersiapkan peralatan mendaki kita tidak diharuskan membeli yang baru, untuk peralatan yang sangat khusus anda bisa saja pinjam atau menyewa di tempat persewaan peralatan outdoor dan hiking yang ada di daerah kamu.

PERALATAN KELOMPOK:


1. Tenda Dome

Tenda adalah alat kelompok yang harus selalu dibawa. Tenda untuk pendakian gunung ada sangat banyak macamnya. Dari merk yang bagus hingga biasa saja. Dan ukurannya juga  sangat variasi.
Merk: Eiger, Bestway, Lafuma, Montana, Rei, dll
Kapasitas untuk: 2 orang, 4 orang, 6 orang dst

Tenda Dome, Peralatan Gunung Lengkap Beserta Harganya

2. Logistik / makanan 

Selain tenda tadi di atas, pastinya kita juga akan butuh yaitu kebutuhan logistik atau makanan dan minuman yang akan kita konsumsi nanti saat pendakian. Ini dia beberapa diantaranya makanan yang sebaiknya anda siapkan :

Roti, minuman siap seduh (sachet),\ susu, madu, kopi, tolak angin, beras, sayur-sayuran, telur, sarden kalengan, nugget, minyak, buah-buah, bumbu dapur, tempe, abon, bihun, mentega, gula merah, gula pasri, garam, teh, cokelat, kerupuk gurih, dll

Makanan / Logistik, Peralatan Pendakian Gunung Lengkap Beserta Harganya

3. Peralatan komunikasi 

Nah ini dia yang tidak kalah pentingnya jika anda sedang mengadakan pendakian gunung, yaitu alat komunikasi. Pada saat pendakian alangkah baiknya anda tetap membawa alat komunikasi agar memudahkan untuk menghubungi sesama regu pendakian lainnya. Ini beberapa alat komunikasi yang bisa anda gunakan saat pendakian :

Handy Talkie, dll (optional)

Handy Talkie, Peralatan Pendakian Gunung Lengkap Beserta Harganya

4. Peralatan masak 


Peralatan masak merupakan salah satu peralatan gunung tidak kalah penting pada saat pendakian gunung di lakukan, enggak mau kan puasa di atas gunung ? Oke ini dia peralatan gunung yang sebaiknya anda bawa ketika anda melakukan pendakian ke sebuah gunung :

~ Kompor, Nesting, Gas, Korek api, Spirtus

Peralatan Masak, Peralatan Pendakian Gunung Lengkap Beserta Harganya

PERALATAN PRIBADI

1. Tas gunung / Carier ( Wajib )

Tas gunung pastinya peralatan gunung yang paling utama saat anda melakukan pendakian gunung. Tas gunung bisa juga disebut “Tas Carrier” atau “Carrier”. Tas gunung ini seudah memiliki desain yang telah disesuaikan dengan ergonomi atau bentuk tubuh manusia dan sudah disesuaikan juga untuk membawa beban yang sangat berat. Tas gunung dilengkapi dengan kantong-kantong yang banyak dan banyak tali-tali yang mengait. Tas gunung memiliki banyak merk dan banyak ukuran. Setiap merk punya kelebihan masing-masing. Ada yang memiliki besi di bagian punggung dalam tas agar dapat menopang punggung manusia yang membawanya. Ada juga yang dapat dilipat, memiliki saku banyak, dan lain sebagainya.

Tas gunung / Carier, Peralatan Pendakian Gunung Lengkap Beserta Harganya

Merk tas gunung : The North Face, Deuter, Eiger, Karrimor, Avtech, Consina, Alpine
Jenis tas berdasarkan ukuran : 40, 60, 80, 100 dan 120 (Liter)
Kisaran Harga : berkisar Rp 250.000 – Rp 1juta-an tergantung merk dan ukuran

2. Jaket Gunung (wajib)

Jaket merupakan salah satu hal harus di miliki oleh para pendaki gunung. Tapi, bukan sekadar jaket biasa saja yaa atau jaket yang sering digunakan sehari-hari melainkan jaket khusus yang lebih tahan angin dan suhu dingin. Seperti tas gunung, jaket gunung juga memiliki merk dan kelebihannya masing-masing. Ada yang tahan angin saja, namun ada juga yang tahan terhadap angin dan air.

Jaket Gunung, Peralatan Pendakian Gunung Lengkap Beserta Harganya

Merk: EIGER, NORDWAND, DEUTER,KARRIMOR, CONSINA
Jenis: waterproof, weatherproof
Harga: Rp 130.000 – Rp 1jt-an

3. Sepatu atau sandal gunung (wajib)

Sepatu gunung dan sandal gunung merupakan peralatan gunung wajib selanjutnya yang harus digunakan oleh para pendaki. Sepatu gunung di desain spesial untuk menerjang medan berair, lumpur, basah, berdebu dan didesain khusus juga untuk jalan menanjak dan turunan. Begitu pula dengan sandal gunung. Sandal gunung didesain khusus juga manfaatnya sama seperti sepatu gunung tadi hanya saja tidak menutupi kaki saja. Sepatu gunung dan sandal gunung pula memiliki merk dan kualitas berbeda-beda.

Sepatu Gunung, Peralatan Pendakian Gunung Lengkap Beserta Harganya
Sendal Gunung, Peralatan Pendakian Gunung Lengkap Beserta Harganya

Merk sepatu gunung: Meindl Toronto, Hi-Tec Harmony, Merrell Moab, Scarpa SL Activ, Salomon Comet 3D Lady
Merk sandal gunung: Rei, Eiger
Harga sepatu gunung: Rp 300.000 – Rp 2jt-an
Harga sandal gunung: Rp 100.000 – Rp 1jt an

4. Sleeping bag

Kantong tidur atau sleeping bag sangat berguna untuk menutupi bagian tubuh Anda saat tidur di tenda sehingga suhu tubuh anda tetap hangat. Tidak dapat dipungkiri, bahkan kalau Anda tidur di tenda, biasanya masih belum cukup untuk menjaga masuknya udara dari pegunungan yang dingin selama malam hari.

Dua faktor yang perlu dipertimbangkan ketika anda memilih sleeping bag adalah kualitas bahan dan ukuran. Kantong tidur berukuran besar, tidak selalu menjamin baik dalam menahan dingin. Karena saat ini telah ada produk kantong tidur yang tipis tapi memiliki kehangatan yang sangat baik. Bahan utaa polar sebaiknya jadi pertimbangan anda untuk kehangatan saat tidur.

Sleeping Bag, Peralatan Pendakian Gunung Lengkap Beserta Harganya

Merk Sleeping Bag: Karrimor, Jack Wolfskin, Makalu, Eiger, Alpine, Walles, Consina
Harga Sleeping Bag: Rp 120.000 – Rp 500.000

5. Pakaian Outdoor (Wajib)

 Selain yang telah di sebutkan tadi di atas , ini kebutuhan yang menurut saya paling penting dari semuanya. Yaitu pakaian outdoor, karena anda akan melakukkan pendakian pastinya anda tidak akan menggunakan pakaian anda seperti saat di rumah. Karena pakaian outdoor ini telah didesain khusus untuk acara pendakian gunung dengan cuara yang mungkin cukup extreme yang akan membutuhkan kebutuhan lebih dari pakaian biasa anda di rumah. Ini dia beberapa contoh pakaian Outdoor yang mungkin anda butuhkan pada saat pendakian.

Pakaian Outdoor, Peralatan Pendakian Gunung Lengkap Beserta Harganya

Contoh Pakaian Outdoor : kaos, kemeja flannel, kemeja rimba, topi, celana pendek, celana panjang

6. Matras Gunung (Alas Tidur)

Matras gunung ini sangat berguna untuk landasan kita duduk atau landasan untuk tidur ketika kita sedang berada di gunung. Karena tanah yang mungkin berbatu dan kotor pastinya kita akan merasa kurang nyaman apabila duduk atau tidur tanpa menggunakan alas tidur.

Matras Gunung, Peralatan Pendakian Gunung Lengkap Beserta Harganya

Harga Matras Gunung: Rp 30.000 – Rp 50.000

7. Senter atau headlamp (Lampu Kepala)

Lampu Senter pastinya sangat berguna pada saat malam hari. Sedangkan Headlamp adalah lampu yang di pasang di kepala anda sehingga pada saat mendaki anda tidak perlu memegang lampu senter atau penerang semacamnya. Headlamp juga tahan lama serta digunakan juga untuk digantung di dalam tenda sebagai penerangan.


Headlamp Gunung, Peralatan Pendakian Gunung Lengkap Beserta Harganya

Senter Gunung, Peralatan Pendakian Gunung Lengkap Beserta Harganya
Harga Senter atau Headlamp: Rp 100.000 – Rp 200.000

8. Sarung tangan (wajib)

Sarung tangan merupakan salah satu barang yang sangat wajib dibawa. Ada sangat banyak pilihan untuk sarung tangan. Bagian tubuh yang paling sensitif pada tubuh kita ini adalah telapak tangan dan telapak kaki. Sehingga kalau pada saat suhu udara dingin namun telapak tangan anda terjaga suhunya maka tubuh anda juga akan menyesuaikan.

Tips: Bawalah dua sarung tangan atau lebih. Satu sarung tangan yang biasa dipakai pada saat mendaki. Yang kedua sarung tangan yang tebal dipakai saat tidur. Dan juga sarung tangan yang lainnya untuk cadangan jika terjadi sesuatu.

9. Tongkat Gunung/ Trekking Pole (Tidak Wajib)

Trekking pole ini sangat berguna untuk pegangan tangan dan menjaga keseimbangan tubuh anda saat berjalan dan melakukan pendakian. Tongkat gunung ini harganya cukup murah kok.

Trekking Pole, Peralatan Pendakian Gunung Lengkap Beserta Harganya

Harga Trekking Pole : Rp 60.000 – Rp 100.000

10. Jam Tangan Gunung

Jam tangan gunung ini berguna untuk mengetahui waktu karena di alam bebas kita tidak bisa hanya berpatok pada matahari saja. Jam tangan juga ada banyak jenis. Jam tangan gunung biasanya adalah jam tangan yang waterproof (Tahan air) dan wheatherproof (Tahan cuaca). Harganya juga biasanya di atas Rp. 500.000 . Dan ada pula jam tangan gunung yang sudah dilengkapi dengan pengukur ketinggian, pengukur suhu, termometer dan manfaat lainnya yang harganya jutaan.

Jam tangan gunung, Peralatan Pendakian Gunung Lengkap Beserta Harganya

Harga Jam Tangan Gunung : Rp. 500.000 - Jutaan Rupiah

11. Jas hujan /ponco / raincoat dan cover bag


Cover Bag, Peralatan Pendakian Gunung Lengkap Beserta Harganya

Jas Hujan, Peralatan Pendakian Gunung Lengkap Beserta Harganya

Jas hujan juga wajib dibawa jika kita akan melakukan pendakian pada musim hujan. Gunanya tentu untuk berjaga-jaga jika turun hujan dan sebagai pelapis kedua untuk menjaga tubuh dari terpaan angin dan suhu dingin. Sedangkan cover bag ini gunanya untuk melindungi tas carrier yang anda bawa pada saat pendakian.

12. Gaiter

Jika gunung yang anda tuju memiliki medan atau trek yang berpasir, alat ini sangat perlu dimiliki. Gaiter dipasang di bagian atas sepatu yang anda gunakan sebagai penutup sampai sebatas lutut anda. Biasanya Gaiter ini terbuat dari kain atau polyester. Titik yang berguna untuk melindungi bagian bawah kaki, dan juga untuk menghindari masuknya pasir dan batu ke dalam sepatu pada saat melewati trek berpasir dan berbatu di pegunungan.

Gaiter Gunung, Peralatan Pendakian Gunung Lengkap Beserta Harganya

Harga Gaiter : Rp 50.000 – Rp 500.000

Masih bingung mau belanja peralatan gunung di mana yang sangat murah dan berkualitas ? Berikut telah kami rangkum dari beberapa situ toko online terbaik yang ada di Indonesia. Silahkan anda cek dan pilih sendiri dari pilihan di bawah ini :

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Peralatan Pendakian Gunung Lengkap Beserta Harganya"

  1. terimakasih infonya, dan jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2NkavPz

    ReplyDelete